Teknologi Lifi Diklaim 100x Lebih Cepat Dari Pada Wifi

Next Story

Lima Aplikasi Penting Yang Tidak Ada di Google PlayStore

HH_LiFi

Wow, benarkah Lifi memang akan lebih cepat dari Wifi ? Ya sepertinya memang begitu, jika saat ini wifi menggunakan frekuensi radio untuk berkoneksi, makan Lifi dikabarkan akan menggunakan spektrum cahaya sebagai pengganti frekuensi radio.

Jika wifi menggunakan router untuk transmisi data, maka tidak dengan Lifi, untuk mentransmisi data Lifi menggunakan cahaya lampu yang dibantu oleh sebuah alat yang diberi nama Li-Flame Ceiling Unit. Dan untuk menerima sinyal menggunakan alat yang diberi nama Li-Flame Desktop unit yang disambungkan ke komputer dengan koneksi USB.

Sinyal Lifi akan lebih aman, karena sinyalnya fokus pada satu arah tertentu, berbeda dengan sinya wifi yang menggunakan frekuensi radio, sinyal wifi menyebar kesegala arah. Kecepatan Lifi diklaim bisa mencapai 1 Gbps meskipun secara teori kecepatannya bisa mencapai 224 Gbps.

Selain mengandalkan kecepatan yang 100x lipat, Lifi juga lebih aman untuk kesehatan, karena sampai dengan saat ini belum ada klaim yang menyatakan gangguan kesehatan karena cahaya lampu. Dari segi produksi Lifi juga lebih hemat dibandingkan dengan wifi.

Tapi yang namanya teknologi, pasti ada saja kelemahannya, bayangkan jika kita berada pada area yang tidak terjangkau oleh cahaya, sudah bisa dipastikan tidak akan mendapat sinyal Lifi.

Sabar ya, teknologi ini masih dalam proses penelitian.

 



Source: http://purelifi.com/what_is_li-fi/