Cara Mengembalikan Fitur 4G Yang Hilang di Hp Xiaomi

PhoneBandit
Read Time2 Minutes, 9 Seconds

Beberapa bulan yang lalu sekitar bulan Oktober 2015, saya menebus sebuah hp Xiaomi Redmi Note 2 Prime (Versi 32GB). Menurut buku manual hp tersebut support 4G, agar bisa menikmati kencangnya koneksi 4G, saya segera meng-upgrade sim card saya ke 4G, saya menggunakan sim card dari XL.

Ternyata benar, kecepatan XL di 4G sangat berbeda jauh dibandingkan dengan 3G. Sebelumnya saya menggunakan hp Samsung Galaxy S4, jadi tidak bisa mendapat layanan 4G, karena device tidak mendukung. Dan koneksi XL terasa sangat lemot di 3G.

Dua bulan berjalan saya menggunakan hp Xiaomi Redmi Note 2 dan layanan 4G dari XL, sungguh pengalaman yang luar biasa, browsing di hp jadi tidak membosankan, karena halaman web yang saya akses ter-load dengan cepat sekali. Beberapa kali saya menerima update OS dari Xiaomi. Semua berjalan normal dan baik- baik saja.

Hingga ahirnya, pada 7 Januari 2016 kemaren saya merasa kaget, karena logo sinyal yang biasanya 4G kini berubah menjadi H dan kadang H+. Sudah bisa dipastikan saya tidak mendapatkan layanan 4G meskipun device dan paket data saya sudah mendukung 4G. Saya bingung, kenapa bisa begini ? Browsing di hp jadi membosankan lagi karena lemot banget.

Saya oprek, saya utak atik setting di hp, tapi tidak berhasil, saya tetap tidak mendapatkan sinyal 4G. Saya kecewa!

Ahirnya hari ini, tanggal 18 Januari 2016, saya putuskan untuk mengunjungi XL care. Cukup lama juga antri untuk bertemu mbak customer service XL yang cantik itu. Setelah 35 menit menunggu, ahirnya nomor antrian saya dipanggil. Thanks God.

Saya ceritakan semua permasalahan saya kepada si mbak XL yang cantik. Tapi apa yang terjadi, si mbak XL cantik juga tidak bisa memecahkan masalah saya. Dia bilang hp saya Xiaomi Redmi Note 2 Prime belum support 4G.  Kalau berdasarkan setting seperti screen shot dibawah ini, si mbak cantik XL itu tidak salah, memang tidak ada fitur 4G LTE pada setting Preferred network type. Ahirnya saya pulang dengan kecewa (lagi).

no-lte

Saya semakin penasaran, tidak mungkin fitur 4G pada hp saya menghilang begitu saja, ahirnya saya Googling dengan kata kunci “Xiaomi missing 4G feature“, (sebelumnya saya googling dengan kata kunci”hp Xiaomi tidak bisa 4G“, namun tidak ada hasil yang relevan).

Dan ahirnya saya menemukan jawabannya, oh.. Thank God.

Hilangnya fitur 4G pada hp Xiaomi saya dikarenakan setting “locale” pada hp adalah Indonesia. Loh, kok…kan saya memang tinggal di Indonesia.

locale

Entahlah, aneh memang, untuk mengembalikan fitur 4G, kita tinggal ganti setting locale ke negara lain, saya pilih Malaysia. Dan inilah hasilnya. Prefer LTE nongol.

lte-ok

Pendeknya begini :

Masuk ke Setting > Additional settings > ganti Indonesia ke Malaysia.

Masuk ke Setting > SIM cards and mobile networks >Pilih Provider > Preferred network type > Prefer LTE.

Selesai!

lte-ok-2

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

WhatsApp Kini Benar - Benar Gratis

Jika sebelumnya pengguna WhatsApp harus membayar sekitar 12ribu rupiah pertahun untuk penggunaan tahun kedua, maka mulai saat ini, biaya tersebut akan ditiadakan. Yap, WhatsApp akan benar benar tersedia gratis untuk semua platform. Perubahan ini mungkin akan memakan waktu beberapa minggu untuk versi Android IOS dan lainnya. Tapi yang jelas biaya tersebut […]

Subscribe US Now